Sabtu, 15 Agustus 2020

Siapkan Dai Mengabdi, Posdai Hadirkan Sekolah Dai Sumatera Selatan dan Jawa Barat

BAGAIMANAPUN kondisinya, sebagai muslim, apalagi berstatus sebagai kader dai, segala upaya kebaikan harus terus dilakukan sebagai bentuk mujahadah dalam rangka menggapai kemuliaan di sisi-Nya.

Nilai utama itulah yang sejatinya menjadi karakter setiap dai sebagai suluh bangsa, sebagaimana pula ditegaskan dalam Al Qur’an dalam surah Al Insyirah ayat 7: Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

Salah satu bentuk kesungguhan itu adalah menguatkan dakwah dengan ikhtiar menyiapkan lahirnya lebih banyak dai yang kelak mengabdikan dirinya untuk agama, mengabdi di pelosok, mendampingi muallaf, mengajarkan huruf demi huruf Al Qur’an kepada anak-anak negeri.

Dengan tetap memperhatikan prosedur kesehatan, keamanan, seraya mencermati pola dan melakukan penyesuaian pada perkembangan yang ada selama masa pandami ini, Sekolah Dai yang berada di bawah pengelolaan lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) kembali membuka pendaftaran peserta didik baru untuk tahun akademik 2020.

Setelah sebelumnya menghadirkan Sekolah Dai Ciomas Bogor Sekolah Dai Jakarta, dan Sekolah Dai Sultanbatara (Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara), kali ini Sekolah Dai juga hadir di Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Sekolah Dai menyelenggarakan pendidikan 1 tahun dengan full beasiswa bagi peserta didik. Selain full beasiswa, Sekolah Dai juga memiliki 3 program takhassus yaitu Takhasus Al-Qur'an, Takhasus Bahasa Arab dan Takhasus Pengkaderan Dai.

Sekolah Dai membidik pemuda yang siap dididik dan dibina untuk menjadi kader muallim dan setelah menyelesaikan pendidikannya siap menjadi dai mengabdi di masyarakat.

Dari penempaan di Sekolah Dai diharapkan menghasilkan output lulusan yang hafidz Qur'an minimal 5 Juz berstandar sanad, hafal dan menguasai Matan Al-Jazariyah, mampu menjadi muallim Qur'an Grand MBA terstandar. Selain itu, output Sekolah Dai juga diharapkan mengampu Bahasa Arab lisan dan tulisan, memiliki skill dai dan wawasan ilmu syar'i serta hafal Hadist Arbain An-Nawawi.

Adapun sejumlah fasilitas Sekolah Dai yang ada saat ini diantaranya adanya asrama, ruang belajar, masjid, dan beasiswa sepenuhnya sehingga peserta didik dapat lebih fokus dalam mengambangkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai calon dai.

Beberapa syarat pendaftaran Sekolah Dai yaitu: lulusan SMA/Sederajat atau setidak-tidaknya telah berusia 18 tahun, bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, siap mondok sampai selesai, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan syarat administrasi, menandatangani lembar komitmen mahasantri dan mendapatkan rekomendasi dari ustadz/ Pesantren Hidayatullah terdekat dari kota asal.

Adapun administrasi atau atau berkas pendaftaran yang perlu disiapkan adalah mengisi formulir, menyerah foto copy ijazah SMA/Sederajat 3 Lembar, menyerahkan foto copy KK dan KTP yang masih berlaku, menyerahkan Foto 2x3 & 3x4 masing masing 3 l lembar dan menyerahkan Surat Rekomendasi dari DPW/ DPD Hidayatullah atau lembaga lain (jika sebagai pendaftar utusan).

Alamat kampus Sekolah Dai Sumatera Selatan Jln DI Panjaitan Lr. Pertahanan, Samping Yayasan Al Kautsar Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Mobile-phone: 085380181290/ 082264088333.

Sekolah Dai Bandung Jawa Barat, Kampus: Jalan Ciwaru Wetan No. 1A RT.01 RW. 04 Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Mobile phone: 087821119888/ 085722548552/ 085281451515.

Tags :

bm
Posdai News

Redaksi

Connect