Rabu, 24 Juni 2020

Lebaran Qurban Momentum Teguhkan Dakwah di Pedalaman

DIANTARA kelompok yang berhak mendapatkan distribusi daging hewan qurban adalah fakir miskin terutama yang paling fakir dan paling dekat kekerabatannya dengan kita.

Namun, apabila sekiranya sukar mendapati sanak famili mengalami kondisi yang miskin papa, tak ada salahnya untuk menyalurkan qurban Anda untuk masyarakat miskin dan muallaf di pedalaman khususnya di daerah minoritas, terdepan, terluar, dan tertinggal.

Melalui program "Qurbanmu Dakwahmu", lembaga Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) dengan jaringan dai mengabdi di berbagai penjuru negeri, bersiapa siaga mendisribusikan qurban Anda ke daerah-daerah binaan di pedalaman dan menyapa saudara-saudara "terdekat" kita.

عَنْ عَبْدِ ا للهِ بْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهُمَا اَنٌّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ قالَ الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ وَلا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كاَنَ فِي حَاجَةِ أخِيْهِ كَانَ اللهُ فِي حَاجَتِهِ ( أخرجه البخاري)

"Dari Abdullah ibn Umar r.a. [dia meriwayatkan], bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Seorang muslim adalah saudara bagi seorang muslim yang lain, yang tidak boleh menganiaya saudara muslimnya dan juga tidak boleh menyerahkan saudara muslim itu kepada musuh. Dan sesiapa meringankan seorang muslim dari kesulitan maka Allah akan memenuhi kebutuhanya. (H.R al-Bukhari).

Pada Lebaran Idul Adha 1441 tahun ini, Posdai kembali mengikhtiarkan pendistribusian qurban ke masyarakat yang berada di daerah seperti muallaf Pulau Rupat, binaan muallaf di Patlean Halut, masyarakat Desa Sibargot, Kecamatan Garoga, Dusun Lau Meciho, Desa Harapan, Keca Tanah Pinem, Kabupaten Dairi. Ada juga masyarakat binaan di pedalaman Dusun Lau Gedang, Desa Suka Makmur, Kabupaten Tanah Karo serta di Desa Marolan Kecamatan Sibiru biru Deli Serdang.

Qurban juga dinantikan oleh muallaf Suku Akit di Kepulauan Riau, muallaf Suku Wana, minoritas Muslim di Long Telenjo, Kalimantan Utara, Bayan Beleq NTB, masyarakat Gunung Kidul, masyarakat Kopeng Salatiga, masyarakat Kepulauan Kera, dan Kepulauan Longos di NTT, serta masyarakat Boven Digoel Papua, Jayapura dan Keerom, serta masyarakat Misool Raja Ampat, Manokwari dan Sorong Papua Barat.

Lebih dari itu, bersama program “Qurbanmu Dakwahmu” ini menjadi perantara para dai untuk mengenalkan kepada masyarakat suku pedalaman yang baru mengenal Islam bahwa Islam memiliki Hari Raya Idul Adha. Pada saat yang sama, membahagiakan mereka yang jauh dari keramaian dan kemudahan hidup masyarakat perkotaan.

Melalui Qurbanmu Dakwahmu, pequrban tidak saja telah menjalankan ibadah yang mulia, pada saat yang sama juga ikut mendorong penguatan gerakan dakwah di pedalaman.

Setiap hewan qurban yang ada akan menjadi sarana para dai untuk bisa masuk ke daerah yang belum tersentuh oleh dakwah Islam. Sehingga para dai dapat melakukan penguatan dakwah pada masyarakat yang haus akan dakwah Islam, sehingga kebahagiaan Idul Adha juga memancar di berbagai daerah dimana para dai mendedikasikan dirinya bersama masyarakat pedalaman dan pelosok.

Dengan program ini, pequrban tidak saja menjalankan ibadah, tetapi juga mendorong penguatan dakwah para dai di pelosok negeri dalam menebar hidayah dan maslahat di bumi pertiwi.

Bagi kita yang ingin turut bersama menguatkan dakwah di pedalaman, dapat mengisi formulir isian pada tautan donasi.posdai.or.id atau hubungi call center/ WhatsApp +62 823-1203-7503.

Tags :

bm
Posdai News

Redaksi

Connect